.

.

Goa Kelelawar Objek Wisata di Bali

Goa kelelawar yang dikenal dengan nama Goa Bulung adalah objek wisata di Bali yang berada di tepi pantai di bawah Pura Luhur Serijong dan dipercaya bekas petilasan Patih Kebo Iwa.


Goa kelelawar di pantai Soka Indah adalah salah satu objek wisata di Bali yang wajib dikunjungi. Goa ini konon merupakan petilasan Patih Kebo Iwa yaitu pemuda Bali yang bertubuh raksasa dan sakti. Untuk mencapai goa kelelawar maka harus menuruni anak tangga karena letaknya berada di tepi pantai. Kawasan ini dijaga kesuciannya karena itu tidak ada fasilitas pariwisata yang berdekatan dengan area ini.

Goa kelelawar ini panjangnya sekitar 40 meter dengan lebar 17 meter dan ketinggian 10 meter pada bibir goa. Goa ini dihuni kelelawar yan keberadaannya tidak pernah diganggun manusia. Menurut keterangan pemangku adat setempat, di goa ini terdapat ribuan kelelawar yang terdiri dari 3 jenis yaitu dalam bahasa Bali dikenal dengan jempiit, lelawah dan balongan.



di tepi goa terdapat beberapa mata air yang dianggap suci. Konon ketika melakukan tapa brata, Kebo Iwa ditemani oleh seekor ular besar dan tikus putih berukuran sebesar anjing. Pada waktu-waktu tertentu pengawal Kebo Iwa tersebut menampakkan diri. 

.

.

BACA JUGA YANG INI