.

.

Museum Ogoh Ogoh Tempat Wisata di Bali

Ogoh ogoh adalah patung raksasa karya seni masyarakat Bali, kini dibangun museum ogoh ogoh di Soka Indah Tempat Wisata di Bali sebagai wujud apresiasi terhadap kreatifitas.

Ogoh-ogoh adalah patung raksasa yang diarak pada upacara Pengrupukan yaitu upacara untuk mengusir roh jahat agar tidak mengganggu manusia. Ogoh-ogoh dibuat dengan menggunakan kerangka bambu, kayu, kawat lalu dilapis dengan kertas koran ataupun busa lalu dicat agar menarik. Tinggi patung ogoh-ogoh berkisar 3 sampai 5 meter. Ogoh-ogoh sendiri merupakan cermin dari Bhuta atau raksasa jenis roh jahat karena itu ogoh-ogoh didominasi bentuk yang menyeramkan. Desain ogoh-ogoh tidak lepas dari kreatifitas para pembuat ogoh-ogoh sehingga pada perkembangannya terdapat pula ogoh-ogoh dalam bentuk tokoh terkenal, pria sedang membawa papan surfing, artis, dan sebagainya. 








Pada saat sebelum hari raya nyepi dilaksanakan 3 upacara yaitu Melasti, Tawur dan Pengrupukan. Melasti yaitu upacara membersihkan peralatan sembahyang dengan cara dibawa ke sumber air seperti danau, sungai maupun pantai. Upacara Tawur yaitu ritual memberi sesaji kepada Bhuta agar tidak mengganggu manusia, sedangkan upacara  Pengrupukan adalah ritual mengusir setan (roh jahat) maka diadakan ritual menyalakan obor dan membuat bunyi-bunyian seperti memukul kentongan dan benda lainnya. Pengrupukan menunjuk waktu senja sebelum tahun baru Saka atau 1 hari sebelum hari Raya Nyepi. Upacara pengrupukan dimeriahkan dengan adanya ogoh-ogoh yang diarak kemudian dibakar.







Sebagai wujud apresiasi terhadap seni dan kreatifitas pemuda pemudi di Bali maka di Soka Indah dibuat museum ogoh-ogoh. Museum ogoh-ogoh yang akan menjadi tempat wisata di Bali ini dibangun diatas tanah seluas setengah hektar dengan akses jalan khusus menuju pantai. Area museum ogoh-ogoh terdiri atas 20 saung berukuran 6x6 dan 6x4 meter dengan tinggi sekitar 3,5 meter. Koordinasi dengan pemuka adat dan Dinas Pariwisata sudah dilaksanakan dan pembangunan museum ogoh-ogoh sedang berjalan. Jadi, kalau ke Bali jangan lupa mampir melihat museum ogoh-ogoh di Soka Indah.

.

.

BACA JUGA YANG INI